Rabu, 08 Agustus 2012

Cacar Air

Cacar Air

Cacar Air atau chicken pox merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster.
DiAustralia, penyakit cacar air atau chicken pox termasuk yang mendapatkan perhatian besar karena biasanya pada musim spring/semi, banyak menyerang anak-anak usia sekolah. pe,berian imunisasi chicken pox ini juga diberikan secra gratis dan menjadi perturan bagu anak sekolah usia dibawah 12 tahun, harus sudah melakukan imunisasi lengkap sebelum masuk sekolah di TK atau SD.

Penularan
seperti kebanyakan penyakit infeksi virus yang lain, percikan ludah dan benda yang terkena cairan hasil melepuhnya kulitpenderita menjadi sumber penularan utama. penularan dapat terjjadi sejak penderita terserang virus pada saat masa inkubasi baru berlangsung hingga fase penyembuhan

Kekebalan dan Imunisasi
beberapa ahli menyatakan bahwa sekali seseorang mengalami infeksi ini, maka seumur hidup dirinya tidak mengalami cacar air lagi, tapi menurut aku ga begitu juga, soalnya aku 2 kali kena penyakit ini, dan itu rasanya gataal banget. begitu pula oemberian kekebalan pada imunisasi. namun, beberapa keadaan terjadi, mingkin saja virus ini tertidur dalam tubuh manusia, jika karena sesuatu hal kekebalan manusia menurun, maka sangat mungkin terjadi infeksi virus yang masih bisa terjadi.

Gejala
setelah terinfeksi, maka gejala akan timbul dalam selang waktu 10-21 hari. pada anak-anak, ditemukan gejala wal berupa demam sedang/tinggi, rasa tidak enak badan, dan sakit kepala. pada orang dewasa gejala yang timbul lebih berat. setelah 24-36 jam, muncul bintik merah datar, diikuti dengan bintik yang menonjol berisi lepuhan cairan yang sangat gatal. bintik yang terbentuk biasanya lebih banyak dibagian dada, bahu, punggung serta kulit kepala.papul yang pecah akan ditemukan di mulut, kelopak mata, tectum, dan vagina. bintik akan mengering dan menghilang dalam kurun waktu 20 hari. pada anak-anak jarang terjadi komplikasi, namun, pada orang dewasa sering muncul komplikasi berat akibat cacar air ini, antara lain, radang jantung, radang hati, infeksi bakteri dan infeksi otak.


Ingat : Jauhi orang yang terkena cacar air ini, karena percikan ludah dan benda yang terkena cairan hasil melepuhnya kulit penderita acar air menjadi sumber penularan utama penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar